Cerita Penulis

Rudiy Mahdaly, Mahasiswa Teknik Informatika yang Jadi Penulis Sukses di BaBe

Rudiy Mahdaly atau yang lebih akrab disapa Rudiy ini tidak memiliki latar belakang yang bersinggungan dengan dunia tulis-menulis. Bagaimana tidak, sejak duduk di bangku SMK ia mengambil jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) yang memang tidak ada kaitannya dengan menulis pun mampu mendorongnya menjadi seorang penulis. Bahkan ketika tamat dari bangku SMK pun, ia melanjutkan passion-nya di ‘dunia komputer’ dengan mengambil jurusan Informatika pada salah satu Universitas swasta di Yogyakarta.

Awalnya Rudiy sama sekali tidak tertarik terjun ke dunia tulis-menulis. Namun keikutsertaannya dalam Lomba Kompetensi Siswa Nasional (LKSN) di bidang Administrasi Server ketika duduk di bangku SMK mendorongnya untuk mencoba menulis tips dan trik seputar teknologi di blog pribadi miliknya. Akan tetapi, seiring kesibukannya sebagai mahasiswa aktif, blognya pun tidak terurus bahkan telah dinon-aktifkan oleh pihak Google.

Namun bak sebuah keberuntungan, ketika sedang asyik menonton video di YouTube, Rudiy pun terfokus pada salah satu konten video dari JalanTikus yang menawarkan untuk menghasilkan uang jika menjadi penulis di Baca Berita (BaBe).

Bermodal kalimat “Bismillah”, ia pun mencoba untuk menuliskan sejumlah artikel untuk Kanal Hiburan dan Unik di BaBe. Bahkan ia sanggup mengirimkan puluhan artikel perharinya. Namun tak disangka, semua artikel yang ia kirim itu ditolak oleh tim BaBe.

Bukannya patah semangat, ia pun mencoba untuk pindah ke Kanal Islam dengan menuliskan beberapa artikel lagi. Yaps, kalimat “Bismillah” yang menjadi modalnya itu akhirnya mampu membuat artikel pertamanya terbit di Kanal Islam. Lantaran senang artikelnya diterima oleh tim BaBe, ia pun semakin giat menulis. Hingga akhirnya pada tanggal 22 Juli 2017 ia ditawari menjadi Kontributor tetap di Kanal Islam oleh tim Babe.

“Awalnya kalo nulis di BaBe itu ibaratnya kesabaran kita sedang diuji oleh Allah, memang proses reviewnya cukup lama, tapi kalo nulis ide yang mantap pasti bakal cepet diterima, apalagi kalo udah jadi kontributor tetap. Beuhh, rasakan sensasinya!”

Dimulai sejak menjadi kontributor tetap, penghasilan Rudiy pun kian bertambah dan bahkan tak jarang artikel-artikelnya menjadi langganan top 10 di Kanal Islam. Semua itu diraih Rudiy berkat ide-ide artikelnya yang memang berbeda dengan yang lain dan menarik sehingga  banyak disukai oleh pembaca BaBe.

“Selain menghasilkan uang, menjadi kontributor Kanal Islam di BaBe juga dapat menambah wawasan saya tentang agama. Karena menulis tidak sembarangan, alias butuh banyak referensi yang baik ”


Kini, di sela hobinya yang menekuni olahraga pencak silat dan menjadi mahasiswa aktif jurusan Informatika, Rudiy masih giat menerbitkan artikelnya di BaBe, khususnya di Kanal Islam. Menurutnya, menulis bukan hanya soal uang, tapi tentang rasa bahagia pun bangga ketika artikelnya diterima dan ditanggapi oleh banyak orang. Katanya, “Nah, justru di situ lah PRESTASINYA!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *