Cerita Penulis

Kristin Oktaviani, Berkembang Menjadi Penulis Handal Bersama BaBe

Kristin Oktaviani adalah seorang gadis berusia 22 tahun yang menggemari dunia penulisan sejak duduk di bangku SMA. Mulai dari kegemarannya menulis buku harian semasa SMA, ia pun mencoba belajar menulis sebuah cerita drama yang berisi dan berbobot.

Selain menulis, Kristin juga menyukai segala hal yang berbau media, khususnya media online. Alhasil, saat lulus dari SMA ia memutuskan untuk mengambil jurusan Ilmu Komunikasi. Bak sebuah keberuntungan, Kristin bergabung dalam divisi Jurnalistik di jurusannya kala itu. Pada awalnya, ia hanya berperan sebagai seorang reporter yang bertugas mencari berita. Namun akhirnya ia dipercaya mengambil posisi editor serta memiliki tanggung jawab mengisi artikel untuk website khusus jurnalistik di setiap minggu-nya. Dari situ, Kristin mempelajari bagaimana sistem penulisan untuk media offline dan online secara bersamaan.

Sembari menjalani tugas sebagai seorang mahasiswa, Kristin sesekali mengosongkan jadwalnya untuk melanjutkan proyek novel yang ingin ia kirimkan kepada penerbit. Sampai akhirnya ia dinyatakan lulus sebagai Sarjana Ilmu Komunikasi di tahun 2016 lalu. Bingung ingin melanjutkan ke jenjang S2 atau langsung mencari pekerjaan, pada Februari 2017 Kristin tidak memiliki kegiatan di rumah, menemukan sebuah lowongan sebagai penulis di BaBe dengan bayaran yang menggiurkan. Tanpa pikir panjang, ia langsung mendaftar dan mengirimkan beberapa artikel di hari yang sama.

Setelah seminggu, beberapa artikelnya ditolak karena tidak sesuai dengan karakter pembaca BaBe. Kala itu, ia menulis beberapa artikel untuk kanal Unik dan Kuliner. Sampai pada suatu waktu, artikelnya di kanal Unik diterima dan diterbitkan di hari yang sama saat ia mengirim artikel tersebut.

“Saya langsung berpikir, ah.. jadi artikel yang seperti ini ya yang disukai pembaca BaBe. Hal yang unik dan menarik. Mulai dari situ, saya langsung tancap gas mencari ide-ide unik lainnya agar bisa saya jadikan artikel,” ujarnya berbagi ilmu.

Berniat terus menulis di kanal unik, tiba-tiba muncul kanal baru, yakni Hiburan. Ia pun tidak menyia-nyiakan kesempatan emas tersebut. Ia mulai menuliskan beberapa artikel untuk kanal Hiburan dan ternyata mendapat respon yang cukup baik. Kristin pun diajak bergabung menjadi kontributor tetap di kanal hiburan. Banyak keuntungan yang bisa ia dapat ketika menjadi seorang kontributor tetap, di antaranya artikel yang ia tulis pasti akan diterbitkan oleh tim BaBe sehingga bisa dikatakan ia akan mendapatkan gaji tetap setiap bulannya.

Dalam sehari, Kristin mampu menulis sekitar 3-4 artikel yang biasanya ia kerjakan pada sore hari dan tengah malam. Jika seharian ia fokuskan untuk menulis, ia bahkan bisa menyelesaikan 6 artikel. Ketika belum bergabung menjadi kontributor tetap, ia hanya mendapatkan pembayaran sebesar Rp200.000,00 saja. Namun saat ia sudah menjadi kontributor tetap, penghasilannya meningkat menjadi Rp1.950.000,00; Rp 2.850.000,00; dan bahkan mencapai Rp3.500.000,00!

Berkat penghasilannya tersebut, Kristin benar-benar merasa bangga. Selama ini banyak orang memandang rendah seseorang yang melakukan pekerjaan sebagai seorang penulis. Nyatanya, penghasilan Kristin selama menulis di BABE bisa dibilang sangat menjanjikan. Apalagi jika suatu saat nanti, novel yang sedang ia kerjakan bisa diterbitkan dan sukses. Dengan menjadi kontributor tetap di BaBe, sang ayah dan adik tercinta-nya pun ikut merasa bangga.

Ingin mendapatkan penghasilan dan pengalaman menulis yang menyenangkan seperti Kristin? Yuk, submit artikel kamu sebanyak-banyaknya ke BaBe. Siapa tahu kamu juga bisa jadi penulis sukses seperti Kristin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *