Tips Menulis

Masih Bingung dengan Tata Cara Penulisan Artikel yang Benar di BaBe? Yuk, Intip Tipsnya di Sini!

Menghadirkan konten artikel berkualitas adalah syarat utama sukses menjadi kontributor di BaBe. Namun bukan itu saja, jika kamu ingin menjadi penulis kondang, tentunya kamu juga harus menguasai tata cara penulisan yang baik. Untuk apa buat konten artikel berkualitas kalau tata penulisannya aja masih berantakan? Pasti pembaca juga gak betah lama-lama bacanya ya!

Nah, buat kamu yang masih bingung dengan tata cara penulisan artikel yang benar di BaBe, langsung aja yuk disimak!

  • Bold

Bold berfungsi untuk menebalkan tulisan di dalam konten artikel. Biasanya pemberian bold ditujukan untuk penekanan pada kata atau kalimat. Hal ini juga dapat memudahkan para pembaca terfokus pada poin penting yang akan kamu sampaikan sejak awal, karena akan terlihat lebih terang dan jelas dibanding tulisan lainnya yang tidak ditebalkan.

Sebagai contoh, kamu dapat menebalkan beberapa kata di dalam artikel yang sifatnya berisi informasi penting. Jika kamu menuliskan sumber informasi artikel dari penelitian yang dilakukan sebuah institusi, seperti: “Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Biological Psychology”, kamu juga harus memberikan penebalan pada kata Biological Psychology tersebut.

Sama halnya dengan menulis sumber informasi dari akun media sosial, seperti: “Video itu kemudian diunggah ulang oleh akun @lambe_turah”, nama akun tersebut juga harus kamu tebalkan ya!

Selain digunakan dalam isi konten, penebalan kata juga digunakan pada semua judul (eitss, tapi untuk penebalan judul artikel di BaBe sudah otomatis ya, jadi gak perlu repot-repot dibold lagi), kecuali subjudul. Kamu juga perlu menebalkan subjudul pada artikel yang menggunakan listikal.

  • Italic

Fungsi dari italic adalah untuk memiringkan tulisan. Italic biasa digunakan untuk kata asing. Namun dalam menulis artikel di BaBe, selain untuk kata asing, italic juga digunakan untuk menulis sumber gambar dan kalimat hasil dari kutipan, seperti mengutip komentar netizen di media sosial pada Kanal Hiburan.

Jika kamu melansir informasi dari website luar negeri. Seperti contoh: “Berdasarkan lansiran dari cosmopolitan.com”, kamu juga harus memiringkan kata cosmopolitan.com-nya.

Selain itu, penggunaan kalimat tidak baku yang biasa digunakan dalam bahasa sehari-hari seperti yuk, lho, waduh, nah loh, deh dan lain sebagainya juga harus dimiringkan.

  • Underline

Pada umumnya, underline berfungsi untuk menggaris bawahi tulisan yang dipilih. Namun, dalam menulis artikel di BaBe kamu tidak perlu menggunakan fungsi underline ini.

  • Capslock

Capslock di dalam artikel BaBe lebih sering digunakan pada judul. Hal ini bertujuan untuk memberikan penekanan dan menyentuh emosi para pembaca terhadap artikel tersebut. Seperti contoh pada penggunaan kata AWAS, WASPADA, BAHAYA, HATI-HATI, WOW dan lain sebagainya.

  • Kapital

Penggunaan huruf kapital atau huruf besar dalam penulisan artikel di BaBe juga masih banyak disalahgunakan oleh para kontributor. Huruf kapital atau huruf besar digunakan untuk menulis huruf pertama kata atau kalimat, nama orang, daerah, negara, gelar (kehormatan, keturunan, keagamaan), jabatan, nama instansi, nama bulan, nama tahun, dan lain sebagainya.

Kamu dapat mengetahui informasi lengkap mengenai tata cara penulisan huruf kapital di https://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Pedoman_penulisan_huruf_kapital

Kamu juga dapat mengecek apakah kata yang kamu gunakan sudah sesuai dengan KBBI di https://kbbi.web.id/

Itulah kelima tata cara penulisan yang masih sering disalahgunakan oleh para kontributor dalam menulis artikel di BaBe. Sekarang sudah tahu kan? Jadi, jangan sampai salah lagi ya! Alah bisa karena biasa. Selamat menulis, gengs!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *