Tips Menulis

Jangan Anggap Sepele, Hal-hal Ini WAJIB BANGET Ada di Artikel Kamu!

“Sebenernya gimana sih artikel yang diterima sama BaBe? Apa aja yang harus ada di dalam artikel biar bisa diterima?”

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu sering kali muncul dari penulis. Mimin sampe pusing, padahal kan sudah dijelaskan dalam banyak sekali tulisan di blog untuk kontributor ini. Tapi karena mimin baik sama kamu,  dalam tulisan blog kali ini mimin bakal dirangkum poin-poin keseluruhan yang HARUS ADA dalam setiap artikel di BaBe. Semoga bisa membantu ya!

  • JUDUL JANGAN ASAL

Judul itu penting banget gengs! Kamu pasti sering membaca artikel karena judul yang mereka tawarkan menarik. Kamu pun pasti pernah ngalamin membaca tulisan karena judulnya yang heboh dan ngebuat penasaran, kan? Judul yang baik biasanya judul yang bisa memunculkan emosi. Entah itu marah, penasaran, senang, tertarik, takut, dsb. Jadi ketika emosi itu muncul, pasti kamu enggak ragu-ragu buat ngeklik artikel itu. Jadi gengs, inget ya, perihal judul ini jangan anggap sepele. Daripada tulisanmu enggak ada yang klik?

  • SUSUNAN ARTIKEL HARUS RAPI DAN ‘AMAN’

Sering banget kesalahan susunan artikel berantakan. Foto pertama nempel dengan banner, tulisan yang formatnya berubah karena menggunakan “tab”, atau lupa spasi antara gambar dan paragraph, dsb. Baiknya sih gengs, sebelum kalian submit, klik tombol preview/pratinjau dulu ya. Biar kamu bisa lihat apakah artikel kamu sudah rapih atau belum. Nah, untuk memeriksa susunan artikel sudah rapih atau aman, baca lengkapnya di sini  dan di sini  ya. Khusus tulisan untuk Kanal Islam, baca ini dan ini juga!

  • BOLD DAN ITALIC

Tedengar sepele memang, tapi bold dan italic penting juga loh gengs! Males kan baca artikel yang polos-polos aja? Seperti yang udah dijelasin di tulisan ini , bahwa tulisan yang dibold mengandung makna penekanan. Jadi baiknya, poin-poin penting dalam tulisanmu juga dibold ya! Tujuannya sih biar para pembaca partial tetap bisa tau informasi inti dalam artikelmu, walaupun mereka cuma asal scroll alias malas baca. Sedangkan kalimat yang harus diitalic adalah kalimat yang biasanya merupakan kutipan, kata asing, atau kalimat yang biasa digunakan dalam bahasa sehari-hari. KHUSUS DI BABE, sumber gambar atau sumber lansiran artikel jangan lupa diitalic yaaa.

  • BERISI 6 PARAGRAF

Tulisanmu jangan terlalu panjang ya gengs. Kalau terlalu panjang, nanti pembaca akan bosan dan malas membaca tulisanmu. Tapi juga jangan dikit banget, itu mah enggak ada yang disampaikan namanya! Harapannya sih, artikel yang kamu submit ringkas, namun kaya akan isi. Jadi, jangan lupa susun tulisanmu ke dalam 6 paragraf ya. Dan jangan lupa, satu paragraf itu bukan hanya 1 kalimat, tapi minimal 4 atau 5 kalimat.

  • ADA SUMBER LANSIRAN TULISAN

Beuuuh, untuk poin yang satu ini tuh penting banget gengs! Berhubung nantinya sumber yang kamu cantumkan ini akan menjadi landasar dasar dari keseluruhan artikelmu dan tulisanmu jadi bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hati-hati memilih sumber ya gengs! Dan jangan lupa, sumber lansiran artikel dicantumkan dalam badan konten, bukan sekadar keterangan di akhir artikel. Untuk detil lansiran, kamu bisa baca di sini , di sini dan di sini.

  • GAMBAR MEMENUHI SYARAT DAN ADA SUMBER GAMBAR
Employer choosing the right people

Jangan sampe kamu ngelakuin kesalahan perihal gambar seperti dalam tulisan ini ya gaes. Untuk setiap gambar yang kamu gunakan, sangat tidak diizinkan kalau ukurannya kecil atau tidak sesuai, kualitas tidak bagus atau pecah, ada watermark, dan sumber gambarnya berasal dari media atau website lokal. Coba deh kamu baca ini  untuk tahu detil ukuran gambar yang sebaiknya digunakan.

  • ADA PARAGRAF PENUTUP

Paragraf penutup biasanya berupa simpulan atas keseluruhan isi atau merupakan poin penting dari tulisan yang kamu buat. Dan hal ini penting adanya loh gaes! Jangan biarin tulisan kamu enggak ada paragraph penutupnya. Masa, setelah baca tulisan panjang-panjang, akhirnya ngegantung gitu aja? Kan enggak asik gengs. Kamu aja enggak suka kalau digantung, masa kamu tega ngebuat pembaca tulisanmu kegantung karena tulisan kamu enggak jelas akhirnya?

Jadi, jangan lupa lagi ya! Penuhi syarat-syarat ini agar artikel kamu bisa diterima dan enggak kena revisi melulu. Demi tulisan yang makin cihuy dan mantap, mimin ucapkan semangaaaat!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *