Tips Menulis

Niat Dapat Uang Malah Kena Kasus Plagiarisme? Jangan Sampai Deh!

Halo hei hei halo geng…


Kamu tahu gak sih… apa kamu tempe?
Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan kata copy-paste, menjiplak, atau bahasa resminya adalah PLAGIARISME. Menurut pengertian dari KBBI Daring (Dalam Jaringan/online), plagiarisme adalah penjiplakan yang melanggar hak cipta. Hayo ngaku, siapa di sini yang masih suka melakukan plagiarisme?

Sumber: paperrater.com

Kamu WAJIB tahu, kalau tindakan plagiarisme itu berbahaya sekali loh, geng! Kamu bisa disebut sebagai PLAGIAT dan bisa dikenakan hukum plagiarisme yang berlaku, bahkan lebih parahnya lagi kamu bisa DIDENDA dengan jumlah uang yang tidak sedikit! Padahal niat mencari uang, eh, malah kesandung kasus seperti itu. Maka dari itu, kamu TIDAK BOLEH menjiplak tulisan siapa pun dan dari situs apa pun.

Aplikasi BaBe sangat menjaga KEASLIAN dari artikel yang kamu buat loh, jadi jika kami menemukan contoh kasus seperti gambar di bawah ini, jangan heran jika artikel kamu DITOLAK. Gambar di bawah ini adalah contoh penulis yang plagiat artikel dari website lain.

Sumber: seruni.id


Sumber: nulis.babe.news

Belajar dari kasus di atas, kamu boleh saja menyadur atau melansir sebuah artikel ASALKAN tidak menjiplak secara keseluruhan. Tulislah sebuah artikel dengan bahasamu sendiri, dengan kata parafrase. Mulai dari penjiplakan kata-kata hingga gambar WAJIB kamu hindari ya!

Auto-Plagiat

Sumber: linkedin.com

Lain halnya dengan auto-plagiat atau self-plagiarism, di sini kamu menjiplak hasil karya tulisan kamu sendiri dari satu tempat yang lain. Artinya, kamu menulis artikel di BaBe lalu kamu juga menuliskannya kembali di tempat lain yang bisa membawa keuntungan pribadi untuk kamu sendiri. Jelas-jelas hal ini sangat DILARANG ya! Apa lagi tulisan kontributor BaBe lain kamu akui sebagai tulisan kamu di tempat lain. Jelas itu MELANGGAR HUKUM.

Karena, dari awal kami sudah menjelaskan dengan detil tentang ketentuan menulis, termasuk tulisan kamu yang sudah masuk di aplikasi BaBe akan menjadi hak cipta kami. Dan kami juga tidak akan ragu untuk memblokir setiap akun yang terbukti melakukan plagiarisme dalam bentuk apa pun.

Kami yakin penulis tidak akan mau berurusan dengan kasus plagiarisme, apalagi sampai ke meja hijau. Jadi, pastikan tulisan kamu bukan hasil copy-paste dan kamu tidak menulis artikel yang sama di media lain ya!

Sumber banner: orange.k12.nj.us

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *