Tips Menulis

STOP! Inilah Kesalahan yang Sering Dijumpai dalam Membuat Judul Artikel di BaBe

Apa yang pertama kali kamu lihat sebelum membaca artikel ini? Yup, pastinya kamu akan baca judulnya terlebih dulu kan? Pada umumnya, para pembaca akan tertarik untuk membaca artikel bila terdapat gambar dan judul artikel yang menarik. Baik pengunjung yang berasal dari hasil pencarian “search engine” maupun dari link di sosial media.

Jadi, seberapa pentingnya sih judul dalam sebuah artikel itu? Jawabannya, PENTING BANGET! Hanya dengan satu kalimat singkat saja, nasib artikel kamu di BaBe sudah bisa ditentukan! Gimana nggak, waktu yang kurang dari 3 menit itu akan menentukan apakah para pembaca akan meng-klik artikelmu atau tidak.

Bayangkan, jika kamu sudah membuat konten artikel selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Kemudian judulnya kamu buat secara asal-asalan. Alhasil, pembaca pun nggak minat tuh buat klik artikel kamu. Rugi deh jerih payahmu.

Nah, agar tidak terjadi hal seperti itu, pada blog kali ini akan dijelaskan kesalahan-kesalahan yang sering dijumpai dalam membuat judul artikel di BaBe. Yuk, langsung saja disimak!

  • Penggunaan EYD yang Salah

Kesalahan pertama yang juga paling sering ditemukan di artikel BaBe adalah penggunaan EYD (Ejaan yang Disempurnakan) yang salah. Perlu diketahui bahwa dalam menulis judul kamu juga harus memperhatikan penggunaan EYD dengan benar. Contohnya menggunakan huruf kapital pada awalan huruf di setiap kata, kecuali untuk kata preposisi (kata depan) atau kata sambung seperti kata di, ke, pada, dalam, dari, dan, yang, untuk, oleh, dengan yang huruf depannya tidak perlu dibuat kapital.

  • Disingkat

Judul yang baik tentunya tidak menggunakan singkatan, karena tidak semua orang bisa memahami maksud dari singkatan yang kamu buat dijudul. Ingat, ini bukan sedang chatting sama gebetan ya! Hehehe.

Tapi kan kalau gak disingkat nanti gak muat judulnya?” Nah, karena jumlah karakter untuk menulis judul itu tidaklah banyak, maka buatlah judul yang menarik namun juga tidak terlalu bertele-tele, sehingga kamu pun bisa membuat judul tanpa harus menyingkatnya.

  • Asal-asalan dan Tidak Menarik

Inilah kesalahan paling fatal dalam menulis judul artikel. Merasa sudah capek membuat konten yang panjang, akhirnya judul pun dibuat asal-asalan. Waduh, padahal judul sangat menentukan apakah artikelmu akan di-klik atau tidak oleh pembaca, lho. Kalau kamu buat judul dengan asal-asalan dan tidak menarik, pastinya pembaca BaBe pun enggan untuk membaca artikelmu. Hal ini juga berpengaruh pada jumlah klik dan ujung-ujungnya berpengaruh pada jumlah pendapatan kamu kan!

Jadi, buatlah judul yang semenarik mungkin atau sekarang banyak disebut dengan clickbait, yang tentunya mengundang rasa penasaran orang yang membacanya sehingga mereka pun tertarik untuk membaca artikelmu. Eits, tapi jangan buat judul yang hoax ya! Buatlah judul yang sesuai dengan konten artikel yang kamu buat.

  • Menggunakan Tanda Petik (“)

Kesalahan dalam penulisan judul yang terakhir ini memang hanya berlaku dalam menulis artikel di BaBe. Penggunaan tanda petik (“) terkadang juga diperlukan dalam membuat judul. Namun, apabila kamu ingin menggunakan tanda petik (“) pada judul artikelmu, gunakan tanda petik satu (‘) saja ya! Hal ini perlu dilakukan guna menghindari kesalahan sistem dalam mendeteksi tanda baca pada judulmu.

Terkadang tanda petik (“) di dalam judul akan berubah menjadi kumpulan tanda baca yang tentunya akan merusak judul artikel yang sudah kamu buat. Oleh karena itu, hal ini juga WAJIB diperhatikan!

Itulah empat kesalahan penulisan judul artikel yang perlu kamu hindari dalam menulis artikel di semua kanal BaBe. Konten artikel yang bagus tentunya akan sia-sia jika judul yang dibuat tidaklah bombastis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *