Tips Menulis

Nulis Konten Islam Bisa Dapat Jutaan Rupiah? Siapa yang Gak Mau! Begini Caranya

Siapa sih yang gak mau dapat penghasilan tambahan sekaligus pahala dan keberkahan dalam hidupnya? Apalagi kalau cara untuk mendapatkannya tergolong mudah. Yap, kalian hanya perlu menulis untuk langsung mendapatkan itu semua. Penasaran gimana caranya?

Jawabannya, cukup dengan rajin menulis dan menjadi kontributor di aplikasi Baca Berita Indonesia (BaBe)! Itu lho, aplikasi agregator berita paling keren se-Indonesia hehe. Aplikasi BaBe menyediakan wadah bagi para penulis untuk mendapatkan uang tambahan.

Lalu, apa saja persyaratan untuk menjadi kontributor di BaBe? Kamu harus menulis minimal satu artikel dalam sehari atau dalam seminggunya kamu bisa atur sendiri jumlahnya, asal tidak kurang dari tujuh artikel ya! Pemilihan topik yang menarik dan tata cara penulisan yang rapi tentunya akan mempermudah kamu menjadi kontributor tetap di BaBe.

Sumber: indiatoday.in

Saat ini aplikasi BaBe membuka satu kanal untuk kontributor yakni, Kanal Islam. Kanal Islam sendiri terbagi menjadi dua konten, ada artikel dan listicle (gallery). Apa bedanya artikel dan listicle (gallery)?

Kamu pastinya sudah tahu artikel dong? Nah, di Kanal Islam BaBe ini kamu hanya perlu menulis artikel Islam yang baik dan bisa dipertanggungjawabkan dengan jumlah kata sebanyak 550-800 saja. Jangan lupa juga, tambahkan minimal enam ILUSTRASI GAMBAR dalam artikel kamu.

Yang perlu diperhatikan adalah, semua gambar dan isi dari artikel kamu harus berasal dari media atau website Islam luar negeri. Jika pun kamu ingin mengambil sumber dalam negeri, kamu hanya boleh mengutip pendapat Ustaz atau ulama dari ceramah yang ada dalam YouTube atau media sosial Instagram.

Perhatikan juga akun yang ingin kamu kutip ya! Jangan sampai akun tersebut merupakan salah satu akun media yang terkenal atau bahkan merupakan akun provokatif yang menyajikan berita dan informasi hoax.

Sumber: masterstudies.com

Agar artikel yang kamu tulis semakin valid, jangan lupa mengambil berbagai sudut pandang para ulama, minimal 2-3 sumber lansiran. Tambahkan juga sumber Alquran dan hadis untuk lebih menjelaskan soal topik yang kamu pilih. Ingat, artikel yang dibuat harus netral ya! Jangan memihak pada satu pendapat apalagi satu aliran tertentu.

PENTING yang perlu kamu perhatikan, jangan sampai kamu men-judge suatu kaum atau menyebarkan kebencian dalam artikel kamu. Niat awal ingin menggapai surga, eh malah makian yang kamu dapatkan. Nauzubillah min zalik, ya.

Lalu, apa itu listcle (gallery)? Berbeda dengan artikel, listicle (gallery) Islam merupakan salah satu konten terbaru yang terdiri dari kumpulan beberapa gambar dan disertai dengan keterangan pendek (caption). Untuk membuat sebuah listicle (gallery) Islam, kamu hanya perlu mengumpulkan minimal delapan gambar dengan satu tema yang menarik.

Gambar tersebut bisa kamu dapatkan dari berbagai sumber. Seperti misalnya website Islam resmi baik dari luar maupun dalam negeri, akun-akun media sosial tertentu atau juga dengan cara meng-capture dari video di youtube. Pastikan bahwa yang kamu gunakan sebagai sumber itu merupakan website atau akun yang terpercaya dan bukan yang bersifat provokatif ya!

Sumber: thefaith.com

Setiap artikel yang berhasil diterbitkan akan dibayar sebesar Rp50.000, sedangkan untuk listicle (gallery) yang berhasil diterbitkan akan dibayar sebesar Rp10.000. Ya ampun, gampang banget kan? Cuma dengan menulis, kamu sudah bisa mengumpulkan uang. Apalagi kalau kamu bisa menerbitkan 20 artikel dalam seminggu, sudah bisa memboyong uang 1 JUTA RUPIAH lho!

Terus, siapa saja yang bisa menjadi kontributor di BaBe? SEMUA ORANG BISA! Kamu seorang mahasiswa, ibu rumah tangga, guru, pekerja swasta, anak SMA, atau dengan profesi apapun bisa menulis di BaBe, asal mampu menyajikan artikel yang baik dan berkualitas.

Tertarik? Yuk, segera menulis dan menjadi KONTRIBUTOR BABE! Kami tunggu artikel kamu ya.

 

Sumber banner: pinterest.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *